BANDA ACEH – Belasan blogger Aceh yang tergabung dalam Komunitas Gam Inong Blogger (GIB) mengunjungi Ruang Memorial Perdamaian Aceh di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh di Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu, 23 Agustus 2017.
Ketua GIB Fardelyn Hacky Irawani mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu agenda komunitas untuk mempelajari sejarah perdamaian Aceh. Apalagi pada 15 Agustus lalu, Aceh baru saja memperingati hari perdamaian ke-12.
“Mumpung ini masih bulan Agustus, berbarengan dengan semangat hari kemerdekaan Indonesia, kita berkunjung ke sini. Harapannya pengetahuan para blogger mengenai sejarah perdamaian Aceh semakin bertambah, dan kita bisa menuliskannya di blog masing-masing sebagai sosialisasi bagi masyarakat luas juga. Minimal publik atau teman-teman kita di luar jadi tahu kalau di Aceh ada Ruang Memorial Perdamaian yang menyimpan artefak konflik Aceh,” ujar Hacky.
Di era digital ini, kata Hacky, kehadiran para blogger turut memberikan kontribusi positif bagi promosi suatu daerah. Bahkan, kata dia, tak jarang komunitas dan personelnya digandeng oleh instansi atau lembaga untuk membantu publikasi dan promosi lembaga tersebut.
“Beberapa instansi pemerintah malah memiliki komunitas yang mereka bina sebagai perpanjangan tangan dalam menyebarkan berbagai informasi. Misalnya Kementerian Pariwisata melalui komunitas Generasi Pesona Indonesia, dan Kementerian Informasi Komunikasi melalui Relawan TIK-nya.”
Lebih lanjut, Hacky mengatakan, keberadaan Ruang Memorial Perdamaian Aceh ini perlu mendapatkan sosialisasi yang masif. Di sinilah, kata dia, blogger turut ambil peran sebagai salah satu unsur masyarakat berbasis komunitas.