Daun Salam (Keselamatan) Obat Asam Urat

Metro (Sumatrapost.com) -Menderita sakit asam urat tentu sangat menyiksa rasanya, apalagi jika asam urat tersebut sudah akut dan diderita bertahun-tahun. Tentu hal itu akan mengurangi kenikmatan hidup kita di dunia ini, selain mengganggu proses muamalah kita dalam konteks memenuhi kebutuhan ekonomi. Sakit asam urat kadang juga mengganggu kenyamanan kita beribadah kepada Rabb kita dalam dimensi teologi.

Setiap sakit ada obatnya, dan setiap obat sudah disediakan lengkap oleh Allah SWT di alam ini. Tinggal kita sebagai mahluk berupaya mencari jalan keluar dari penyakit yang diderita dengan ikhtiar sebaik mungkin tanpa menyekutukan sang pencipta dalam berusaha memperoleh kesembuhan.

Menurut dr. Agus Rahmadi, M.Biomed,.M.A. pemilik 33 cabang Klinik Sehat yang tersebar di Jabodetabek, beliau membagikan tipsnya agar sembuh dari penyakit asam urat. Dalam penjelasannya, bagi orang yang punya penyakit asam urat agar jangan menyalahkan makanan. Sebab sejatinya asam urat terjadi karena proses gijal yang tidak bisa membuang atau ada proses perombakan di usus yang tidak benar, atau adanya pembentukan urin didalam tubuh.

Solusi terbaik adalah menjaga pola makan, konsumsi makanan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin supaya terjaga kadar purin dalam tubuh kita.

Obat-obatan kimia belum tentu menyembuhkan, kalau menurunkan asam urat memang benar, tapi obat-obat kimia berdampak pada kerusakan ginjal kita.

Untuk itu lebih baik menyembuhkan asam urat dengan obat alami yang tidak mengandung unsur kimiawi, sehingga tidak memiliki efek samping bagi organ lain pada tubuh kita. Dan obat asam urat yang paling sederhana dan ada di bumbu dapur adalah daun salam.

Tapi perlu diingat bahwa daun salam membuat tensi darah turun dan begitu pula gula turun, hal tersebut akan berdampak tidak baik jika dikonsumsi oleh orang dengan tensi darah rendah. Solusinya adalah dengan merebus daun salam disertai garam, agar tensi darahnya tetap stabil.

Untuk pola makan terbaik adalah dengan membatasi asupan purin masuk dalam tubuh kita yang terkandung dalam berbagai jenis makanan, seperti; seafood, ayam, daging, jeroan, dan telur.

Kita juga tidak dianjurkan mengkonsumsi dedaunan yang hijau-hijau tua, karena daun hijau tua tinggi purin. Sayur yang baik untuk penderita asam urat adalah; wortel, kentang, terong, oyong atau kambas, labu siyem, labu kuning, jagung dan sawi putih. Sedangkan untuk jenis buah-buahan yang direkomendasikan paling baik untuk obat asam urat adalah buah sirsat dan buah apel. Sebagai pengindam asam urat kita harus mengkonsumsi makanan yang rendah purin seperti ikan, terutama ikan air tawar karena itu lebih bagus.

Disisi lain kita harus mengiringi pola hidup sehat dengan minum air putih yang banyak, agar kandungan purin dalam tubuh kita terbuang, sebab kalau tidak terbuang akan mengendap dan timbul yang namanya tofus. Tofus adalah asam urat yang mengendap dalam tubuh kita dan mengeras.

Inti dari terapi ini kata dr. Agus adalah batasi konsumsi mulut kita dari makanan tinggi purin, karena percuma bila kita berobat tapi tetap memakan makanan yang tidak dibenarkan bagi penderita asam urat.

Hindari juga alkohol dan makanan yang mengandung panas seperti tape, karena makanan tesebut menghambat pengeluaran purin dari dalam tubuh kita. Selain itu perlu kita jaga juga berat badan kita, karena tubuh yang gemuk lebih rawan terdampak asam urat, karena lemak termasuk zat yang menghambat pengeluaran purin dari dalam tubuh kita. (Red/Saiful Anwar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *